PENJELASAN
SISTEM WIPER DAN WASHER
Wiper washer adalah mekanisme penghapus dan pembasuh
kaca mobil.
FUNGSI KOMPONEN UTAMA
Komponen
|
Fungsi
|
Windshield wiper switch assembly
|
Meng-output sinyal posisi dari windshield wiper switch assembly ke
combination switch ECU (switch base).
|
Combination switch ECU (switch base)
|
Meng-output sinyal posisi dari windshield wiper switch assembly ke fuse
block assembly melalui CAN communication.
|
Windshield wiper motor assembly
|
Mengkatifkan front wiper sesuai dengan sinyal posisi dari front wiper
switch pada windshield wiper switch assembly.
|
Rear wiper motor assembly
|
Mengkatifkan rear wiper sesuai dengan sinyal posisi dari rear wiper
switch pada windshield wiper switch assembly.
|
Windshield washer motor and pump assembly
|
Mengkatifkan washer motor sesuai dengan sinyal posisi dari washer switch
pada windshield wiper switch assembly.
|
Main body ECU (fuse block assembly)
|
Menerima sinyal pengoperasian dari combination switch ECU (switch base)
melalui CAN communication (front wiper switch dan rear wiper switch, washer
switch), dan meng-input sinyal ke windshield wiper motor assembly dan rear
wiper motor assembly, windshield washer motor and pump assembly.
|
LOKASI KOMPONEN SISTEM WIPER DAN WASHER
GAMBAR
*1
|
FRONT WIPER MOTOR ASSEMBLY
|
*2
|
REAR WIPER MOTOR ASSEMBLY
|
*3
|
WASHER MOTOR AND PUMP ASSEMBLY
|
*4
|
FRONT WASHER NOZZLE AND HOSE ASSEMBLY
|
*5
|
REAR WASHER NOZZLE
|
-
|
-
|
NO
|
NAMA
|
GAMBAR/LOKASI
|
*1
|
FRONT WIPER MOTOR ASSEMBLY
|
|
*2
|
REAR WIPER MOTOR ASSEMBLY
|
|
*3
|
WASHER MOTOR AND PUMP ASSEMBLY
|
|
*4
|
FRONT WASHER NOZZLE AND HOSE ASSEMBLY
|
|
*5
|
REAR WASHER NOZZLE
|
|
*1
|
WINDSHIELD WIPER SWITCH ASSEMBLY
|
*2
|
COMBINATION SWITCH (SWITCH BASE)
|
*3
|
MAIN BODY ECU (FUSE BLOCK ASSEMBLY)
- FR WIP FUSE - RR WIP FUSE - WASHER FUSE - IG WIPER RELAY |
-
|
-
|
NO
|
NAMA
|
GAMBAR/LOKASI
|
*1
|
WINDSHIELD WIPER SWITCH ASSEMBLY
|
![]() |
*2
|
COMBINATION SWITCH (SWITCH BASE)
|
|
*3
|
MAIN BODY ECU (FUSE BLOCK ASSEMBLY)
- FR WIP FUSE - RR WIP FUSE - WASHER FUSE - IG WIPER RELAY |
|
DIAGRAM SISTEM
WIPER DAN WASHER
SISTEM WIPER DAN WASHER
WIPER/WASHER (PEMBERSIH KACA)
SWITCH
WIPER:
1.
MIST
:
2.
OFF:
3.
INT:
4.
LO:
5.
HI:
DASAR-DASAR CARA KERJA MOTOR WIPER
Seperti
yang anda lihat pada gambar bahwa sebuah motor wiper terdiri dari bagian
lilitan kawat (armature), Ferrite magnet, brush, dan kontak/switch. Motor wiper
merubah energi listrik menjadi gerak putar. Putaran motor dirancang supaya
dapat berputar lambat dan cepat, ini dilakukan memasang brush yang berbeda
antara brush kecepatan rendah dan brus kecepatan tinggi. Motor wiper juga
dirancang supaya wiper blade selalu berhenti pada posisi sebelum dioperasikan
meskipun switch wiper dimatikan saat posisi wiper blade di tengah kaca, hal ini
dimungkinkan karena ada switch/kontak di dalam motor wiper.
CARA KERJA WIPER DAN WASHER
1.
WIPER
BERPUTAR LAMBAT (LOW/MIST)
Battery →
Terminal 18 → Wiper switch LOWIMist points -+ Terminal 7→ Wiper motor
(Lo)→Ground
2.
WIPER
BERPUTAR CEPAT (HIGH/MIST)
Battery→Terminal 18 → Wiper switch
HIGH points → Terminal 13 →Wiper motor high point →Ground
3.
SWITCH
WIPER OFF
Battery→Cam
switch point B→ Terminal 4 → Relay point→ Wiper switch OFF points → Terminal 7
→ Wipe r motor (Lo)→ Ground
Seperti sudah disinggung di awal
bahwa terdapat cam switch yang merupakan mekanisme supaya wiper blade selalu
berhenti pada posisi tetap (posisi terbawah).
Jika
wiper motor bekerja pada putaran rendah maka aliran arus seperti terlihat pada gambar
pertama : Baterai→wiper switch→terminal +1 →wiper motor→massa. Ketika wiper
switch dimatikan pada posisi di mana saja seperti pada gambar kedua maka motor
akan terus bergerak karena kontak P2 masih terhubung dengan P1, . aliran
arusnya: baterai→P1→P2→terminal S→wiper switch→motor→massa.Jika P2 terlepas
dari P1 maka arus ke wiper motor terputus. Tetapi karena gaya inersia, wiper
motor akan cendrung terus berputar. Saat arus ke wiper motor terputus akan
terjadi counter elektromotive di wiper motor sehingga terjadi pengereman
listrik yaitu wiper motor → Terminal +1 → wiper switch → terminal S → Titik kontak P1 → P3 → wiper,
motor mengakibatkan wiper motor berhenti.
4.
Intermittent
a. Ketika switch wiper diposisikan pada INT maka Tr1 menjadi ON
mengakibatkan kontak relay berpindah dari A ke B
Battery + →Terminal
18 →Relay coil →Tr1 →Terminal 16→Ground
Dan ketika
kontak relay berpindah ke B, arus listrik mengalir ke brush Low dan motor wiper
pun berputar pada kecepatan lambat.
Battery + →Terminal
18 →Relay point B →Wiper switch points INT. →Terminal 7 →Wiper motor (Lo) →Ground
b.
Tr1 kembali OFF
menyebabkan kontak relay berpindah dari B ke A. Bagaimanapun, begitu motor
bergerak cam switch berpindah dari B ke A makanya arus listrik terus mengalir
ke lo brush dan wiper motor berputar lambat
Battery + →Cam
switch point B →Terminal 4 →Relay point A →Wiper switch INT. points →Terminal 7
→Wiper motor (Lo) → Ground
Ketika wiper
mencapai posisi stop, kontak cam switch berpindah lagi dari B ke A,
menghentikan motor wiper. Tr1 akan kembali ON beberapa saat yang telah
ditentukan setelah wiper motor wiper berhenti.
5.
Washer
ON
Ketika switch washe ON, arus listrik mengalir ke washer motor.
Battery + →Washer motor →Terminal 8 →Washer switch points →Terminal
16 →Ground
Pada tipe “Washer-linked wipers”,
Tr1 ON beberapa waktu ketika washer bekerja mengakibatkan motor wiper bekerja
pada putaran lambat satu atau dua kali.
Waktu Tr 1 hidup adalah waktu
kapasitor di dalam sirkuit transistor mengisi kembali. Waktu mengisi kembali
bagi kapasitor tergantung kepada waktu washer dinyalakan.
Konstruksi
Kelistrikan Motor Wiper
Cara Kerja Saat
Kecepatan Lambat
Baterai
→Terminal L wiper switch→terminal LR1→terminal +1→ B1→B3→terminal (-)→Massa
Cara kerja saat
Kecepatan tinggi
Baterai→Terminal
L→Terminal LB1→terminal +2 →B2→B3→terminal (-)→Massa
Saat Switch
Dimatikan
Jika switch
wiper kembali diposisikan pada posisi stop seperti pada gambardi atas dan
posisi wiper blade berada di tengah cam maka titik kontak P2 berhubungan dengan
P1 maka arus mengalir dari baterai→terminal S (-)→Sakelar
LW1→LR1→+1→B1→B3→terminal (-)→massa dan motor wiper terus berputar lambat.
Kemudian bila cam plate berputar terus dan titk kontak P2 sampai pada bagian
cam yang terpotong sehingga kontak P2 terputus dari P1 mengakibatkan arus
listrik terputus dan motor wiper berhenti. Sedangkan pada keadaan sebenarnya
armature masih berputar perlahan, armature tidak bisa berhenti tiba-tiba. Pada
saat kontak P2 terputus dengan cam plate maka pada armature akan menghasilkan
arus listrik dari armature→+1→terminal LR→LW sakelar→S→P1→P3→Armature. Lihat
gambar berikut
Ketika IG
Switch ON dan switch washer ON ( terminal W dan E) terhubung maka aliran
arusnya :
Baterai →
F.L→IG switch→Fuse→Washer Motor→terminal W switch→Terminal E→Massa.
Karena washer
motor dialiri arus listrik maka washer motor akan bekerja memompa air di dalam
reservoir dan menekannya ke nozzle sehingga air menyemprot ke kaca.
INTERMITTENT WIPER
Intermittent
wiper adalah penggunaan wiper yang kerjanya terputus-putus, kerjanya diatur
oleh relay pengontrol wiper yang mengatur kerja relay magnet dimana 0,5 detik
ON dan 4,5 detik OFF.
Pada saat kunci kontak ON dan
sakelar intermittent ON. Arus listrik mengalir dari baterai→terminal 3
relay→R1→TR1=ON→massa arus mengalir dari terminal 3 relay→a→P2→P3→terminal
1→sakelar intermittent→+1 Motor wiper→E→massa maka motor wiper berputar lambat.
Kemudian bila kondesor C1 dalam keadaan penuh maka pengisian kondensor
berhenti dan mengakibatkan titik C tegangannya naik dan arus mengalir ke D3
maka Tr2 = ON, Tr1=OFF, akibatnya arus dari terminal 3 mengalir R1→Tr2→terminal
4 ke massa body, karena Tr1=OFF maka P3 akan berhubungan dengan P1 dan arus
dari terminal 2 →P1→P3→terminal 1→+1→Motor→E→Massa body dan motor masih
berputar
Kemudian saat cam beputar satu
putaran maka titik kontak akan melepas hubungan S1 dengan S2 berpindah dari s1
ke S2 dan mengakibatkan motor berhenti berputar demikian juga arus yang ke
terminal 2 berhenti mengalir dan mengakibatkan kondensor C1 melepaskan isinya
melalui base Tr2 ke massa bodi. Setelah kondensor C1 selesai melepaskan isinya
Tr2 akan OFF dan mengakibatkan Tr1 =ON dan motor wiper akan bekerja dengan
kecepatan rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar